Untuk melakukan dongkrak / mengangkat kendaraan tentu sebaiknya diletakkan pada titik-titik yang direkomendasikan oleh pabrikan agar tidak terjadi kerusakan pada kendaraan atau bahkan menyebabkan kecelakaan.
Untuk menggunakan dongkrak gunting yang merupakan bawaan mobil bisa dibaca di user manual halaman IX-2 dan IX-3. Sayangnya untuk pembeli kendaraan bekas belum tentu mendapatkan user manual tersebut. Saya coba cantumkan di sini titik untuk dongkrak dan juga titik untuk mengangkat dengan dongkrak besar / hidrolik lifting / meletakkan bahkan jackstand, silahkan disimak.
PERINGATAN : (dari buku manual)
- Gunakan dongkrak hanya untuk mengganti roda.
- Jangan mendongkrak kendaraan di tempat yang miring
- Jangan menempatkan dongkrak di lain lokasi yang telah ditentukan pada gambar
- Yakinkan bahwa dongkrak telah terangkat 5 cm (2 inch) sebelum mencapai chasis, penggunaan dongkrak di bawah 5 cm (2 inch) dapat menyebabkan dongkrak rusak
- Jangan berada di bawah kendaraan yang sedang didongkrak
- Jangan menghidupkan mesin saat kendaraan sedang didongkrak
Berikut adalah letaknya, di buku manual versi indonesia hanya yang sebelah kiri, tetapi tidak ada salahnya melihat yang sebelah kanan bila mobil anda menggunakan asesoris bodykit. Prinsipnya / letaknya sama saja.
Berikut adalah tempat-tempat lifting lainnya termasuk mendongkrak dengan dongkrak buaya besar dan untuk meletakkan jackstand. Perhatikan gambar atas saja (berpenggerak depan saja) karena untuk pasar Indonesia hanya 2WD, apabila kendaraan anda 4WD maka perhatikan gambar di bawahnya.
regards,
singachu
dongkrak buaya
27 Jan
Sistem HidrolikDongkrak
Dongkrak adalah alat untuk menaikkan kendaraan guna mempermudah pekerjaan reparasi di bagian bawah kendaraan
Macam-macam dongkrak :


|
Prinsip kerja dongkrak buaya :
Posisi naik :
Pompa memasukkan minyak ke bawah torak yang besar (d), ketika tuas (e) dengan sandaran untuk kendaraan bergerak ke atas. Di atas saluran pompa ada katup pengaman kecil (f) yang membuka berlawanan dengan pegas, bila kita terus-menerus memompa pada kedudukan tertinggi.
Posisi turun :
Untuk menurunkan torak (d) dan lengan angkat (e), dibukakan katup buang dengan engkol kecil (h), sehingga minyak mengalir kembali dari silinder ke ruang persediaan. Tempat persediaan minyak harus selalu terisi sesuai ukuran
|

Posisi naik :
Untuk mengangkat kendaraan harus diputar tutup pengalir pembalik minyak (a) dengan batang pompa yang juga berfungsi sebagai kunci, sesudah torak pengangkat pada kedudukan yang rendah . Setelah itu, batang pompa (b) digeserkan naik turun, di mana pompa (c) mengapit minyak dari ruangan persediaan (d) ke bawah torak pengangkat (e). Bila dipompa terus pada kedudukan yang tinggi katup pengaman kecil bekerja.
Posisi turun :
Kendaraan diturunkan dengan cara memutar sekrup ke kiri sampai ¾ putaran memakai batang pompa, di mana katup pengalir pembalik minyak terbuka.
Bagaimana menggunakan dongkrak dengan aman
Pada waktu menggunakan alat dongkrak, utamakan keamanan. Hanya karena kesalahan kecil dapat menyebabkan kecelakaan besar
Lokasi dongkrak dan penopang (Stand)
Untuk mencegah agar lokasi penempatan dongkrak dan stand tidak rusak, pilihlah tempat-tempat yang kuat
Cara Menggunakan Dongkrak
- Letakkan ganjalan pada ban-ban belakang apabila bagian depan kendaraan yang diangkat. Sebaliknya, letakkan ganjalan pada ban-ban depan apabila bagian belakang kendaraan yang diangkat.
- Dongkrak diletakkan di tempat yang telah ditentukan.
- Sebelum dongkrak mulai mengangkat, periksalah sekali lagi apakah tempat pengangkatan kendaraan tepat berada di tengah-tengah sadel dongkrak. Sebab bila tidak, dongkrak dapat slip sewaktu mengangkat kendaraan.
- Sebelum mengangkat dan menurunkan kendaraan, periksalah bahwa tidak ada orang atau sesuatu disekitarnya, apabila lagi dibawah kendaraan.
Sebelum mengoperasikan dongkrak Anda harus mengecek hal-hal sebagai berikut:
- Periksalah sistem hidrolik, pastikan tidak ada kebocoran cairan.
- Apakah dongkrak tersebut mampu mengangkat beban yang diinginkan.
- Sadelnya berputar dengan bebas, dan bertahan pada posisinya pada waktu mendongkrak
Pemeliharaan :
Jagalah kebersihan dongkrak, periksalah bila terdapat kebocoran cairan, berikan cairan hidrolik sampai batas atas bila diperlukan. Teteskan sedikit oli pada roda troli.
Dalam penggunaan dongkrak, jangan menahan beban terlalu lama. Gunakanlah jack stand sebagai pengganti dongkrak
Simpanlah dongkrak pada lokasi yang aman di lantai bengkel
Pelajarilah buku manual servis, sebelum menggunakan
Masalah-masalah yang sering terjadi / timbul kerusakan pada dongkrak adalah :
- Terjadi kebocoran pada seal oil
- Pada saat digunakan, tiba-tiba beban turun
- Dongkrak tidak mampu mengangkat beban sesuai dengan spesifikasinya
- Pada sistem hidrolisnya terjadi kebocoran
- Minyak hidrolis kurang
- Viskositas minyak hidrolik rendah/ jelek


Tidak ada komentar:
Posting Komentar